Prodi Sarjana Peternakan Fapet Unud Melaksanakan Praktikum Lapangan MK

Prodi Sarjana Peternakan Fapet Unud Melaksanakan Praktikum Lapangan MK

DENPASAR, Balitopnews.com - Prodi Sarjana Peternakan Universitas Udayana khususnya pada Mata kuliah Ilmu Tilik Ternak mengajak mahasiswa semester 3 dengan dosen pengampu Dr. Ir. Ni Luh Putu Sriyani, S.Pt., MP., IPM., ASEAN Eng. melakukan praktikum di lapangan dengan Topik yang dipraktikumkan adalah tentang Teknik Pendekatan/handling ternak, Jumat (25 November 2022).

Disini mahasiswa mengamati tingkah laku ternak dan praktek cara memperlakukan ternak dengan baik dan benar. Penanganan ternak ruminansia atau yang sering disebut dengan istilah handling adalah kegiatan perlakuan peternak terhadap ternak dengan baik dan benar. Baik dan benar disini mengandung arti bahwa perlakuan peternak terhadap ternak tidak menyebabkan stres, cidera, ternak tercekik, atau yang lebih fatal adalah ternak sampai mati. Dan yang tidak kalah penting pada saat handling tersebut tidak menyebabkan petugas handling (handler) terinjak, tertanduk ataupun terseret oleh ternak tersebut. Teknik atau cara bagaimana menangani ternak akan mempengaruhi tingkah laku atau prilaku setelahnya. 

Perlakuan yang kasar terhadap ternak akan membuat ternak semakin memberontak dan ketakutan. Semakin ternak ketakutan maka semakin sulit untuk ditangani. Karena ternak akan menjadi lebih liar dan ganas , bahkan kemungkinan besar ternak tidak dapat dikendalikan. 

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2256-Prodi-Sarjana-Peternakan-Fapet-Unud-Laksanakan-Praktikum-Lapangan-MK-Ilmu-Tilik-Ternak-Perkenalkan-Teknik-Pendekatan-handling-Ternak-Pada-Mahasiswa.html(gix)


TAGS :

Komentar