STISIP Margarana Tabanan Kolaborasi Dengan Universitas Panji Sakti Singaraja Gelar PKM di Desa Antapan Baturiti 

PKM Stisip Margarana Tabanan dengan Unipas Singaraja di Desa' Antapan

TABANAN,Balitopnews.com – Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Margarana Tabanan berkolaborasi dengan Universitas Panji Sakti (UNIPAS) Singaraja, menggelar pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Minggu ( 28 Mei 2023). 

Pengabdian Kepada Masyarakat kerja sosial terpadu 2023 tersebut diikuti ratusan mahasiswa dari STISIP Margarana Tabanan dan UNIPAS Singaraja.  PKM diawali dengan aksi bersih bersih lingkungan dilanjutkan dengan penyerahan alat kebersihan sapu, tong sampah, kemudian  menyerahkan bahan bangunan berupa semen, puluhan paket sembako, dan aksi sosial donor darah. PKM dibuka oleh  I Nyoman Budana Stap Ahli Bupati Tabanan.

 


Ketua Panitia pelaksana kegiatan PKM kolaborasi antara STISIP Margarana Tabanan dan UNIPAS Singaraja, Drs I Wayan Madra Suartana MSi  yang juga Ketua Pembina Yayasan Margarana Tabanan menjelaskan, STISISP Margarana Tabanan sudah dua kali menggelar PKM  yang berkolabirasi dengan perguruan tinggi lainnya di Bali. “ Tahun 2022 lalu kita berkolaborasi dengan Universitas Ngurah Rai Denpasar dan sekarang kita berkolaborasi dengan Univeritas Panji Sakti  Singaraja,” jelas Madra.  Dia berharap kegaitan PKM  yang bertujuan untuk menyelaraskan perbedaan menjadi satu tujuan yang didasari dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi bermanfaat bagi masyarakat . “Kedepan kita akan terus melakukan kolaborasi seperti ini tentunya dengan Univeritas swasta yang ada di Bali, ” tandas Madra. Ditambahkanya apapun alasanya tidak bisa hidup sendiri harus berkolaborasi besatu padu, diperkulan dukungan masyarakat untuk kehidupan kampus, begitujuga dukungan  kampus untuk berbagi dengan masyarakat. 
Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Univeristas Panji Sakti Singaraja, Gede Sandiasa S.Sos, MSi mengatakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah kegiatan wajib yang dilakukan perguruan tinggi, berkolabirasi dengan masyarakat. Sehingga hasilnya adalah bisa diterima oleh mahasiswa dan masyarakat.”Aktivitas yang dilakukan perguruan tinggi memberikan manfaat bagi masyarakat dalam rangka mendorong pembangunan yang  ada di masyarakat,” jelasnya. 

Sementara itu I Nyoman Astawa Perbekel Desa Antapan menjelaskan Desa Antapan adalah daerah paling  ujung timur di Kabupaten Tabanan, potensi ini  bisa diekplore  oleh mahasiswa baik itu STISIP Margarana dan UNIPAS Singaraja. Terlebih Desa Antapan sudah menjadi Desa Wisata yang memiliki objek wisata terkenal yakni air terjun campuhan, pertirtan suda mala  7 jenis mata air dan kebun teh seluas 12 hektar yang bisa dijadikan tempat sebagai edukasi. “Mungkin hanya Desa Antapan yang memiliki kebun teh terluas di bali,” tandasnya. Pihaknya juga  sedang mengembangkan wisata yoga dan meditasi untuk melengkapi destinasi wisata yang ada di Desa Wisata Antapan. ( Md ) teh seluas 12 hektar yang bisa dijadikan tempat sebagai edukasi. “Mungkin hanya Desa Antapan yang memiliki kebun teh terluas di bali,” tandasnya. Pihaknya juga  sedang mengembangkan wisata yoga dan meditasi untuk melengkapi destinasi wisata yang ada di Desa Wisata Antapan. ( Md )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


TAGS :

Komentar