Literasi Media Digital Sejak Dini, Cegah Tindak Kejahatan dalam Dunia Maya

Pengabdian Masyarakat "Digital Citizenship" di SD Negeri 2 Batuan, Sukawati, Gianyar serangkaian Literasi Media Digital untuk anak - anak

GIANYAR, Balitopnews.com - Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana,
Rabu (6 Desember 2023)  melaksanakan Pengabdian Masyarakat "Digital Citizenship" di SD Negeri 2 Batuan, Sukawati, Gianyar. Kegiatan ini dilakukan oleh dalam rangka memberikan pembelajaran mengenai Literasi Media Digital untuk Anak-Anak. 

Pengajaran materi mengenai cyber bullying ini dimulai dari pengertian bullying secara harfiah. Kemudian dilanjutkan dengan pengertian cyber bullying dan diberikannya contoh tindakan cyber bullying. Selain itu, materi juga dilanjutkan dengan memaparkan dampak dari adanya tindakan cyber bullying, sampai tindakan pencegahan dan mekanisme laporan pencegahan cyber bullying. Dalam pembelajaran juga diselipkan drama atau contoh secara langsung, supaya siswa-siswi lebih memahami dan tidak bosan menyimak materi yang diberikan oleh para pengajar. 

Materi kedua mengenai keamanan data pribadi di dunia digital. Adapun materi yang diberikan ini adalah mengenai pengertian dari data privacy, lalu memaparkan tentang dampak yang terjadi jika data pribadi itu bocor. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menjadi langkah dini dalam menyadarkan generasi muda mengenai pentingnya untuk cerdas dalam literasi digital, sehingga dapat memotivasi untuk tidak semena-mena dalam menggunakan platform-platform digital. 

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4129-Penanaman-Literasi-Media-Digital-Sejak-Dini-Guna-Mencegah-Tindak-Kejahatan-dalam-Dunia-Maya.html(gix)


TAGS :

Komentar