Dosen FTP Unud Jadi Narasumber Diskusi UMKM Binaan Bank Indonesia

Evaluasi Program Pengembangan UMKM Tahun 2023 dan Penyusunan Program Kerja Pengembangan UMKM Tahun 2024

DENPASAR, Balitopnews.com - Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Unud didapuk sebagai Narasumber pada Kegiatan Evaluasi Program Pengembangan UMKM Tahun 2023 dan Penyusunan Program Kerja Pengembangan UMKM Tahun 2024 pada Kamis-Jumat, 11-12 Januari 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh 83 peserta dari UMKM binaan/mitra BI Bali dan Desa Wisata, 20 diantaranya merupakan UMKM yang bergerak pada sektor Food and Beverages.

Dosen Fakultas Teknologi Pertanian dipercaya menjadi salah satu narasumber pada Sektor Food and Beverage Olahan yaitu Dr. Ir. Luh Putu Wrasiati, M.P dan Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb. selaku dosen Program Studi Teknologi Industri Pertanian  serta I Desak Putu Kartika Pratiwi, S.TP., M.P., dan Putu Julyantika Nica Dewi, S.TP., M.TP., selaku dosen Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian kendala yang dihadapi oleh setiap UMKM Binaan/Mitra BI Bali dan setelah itu diberikan masukan serta arahan oleh narasumber untuk pengembangan produknya. Beberapa hasil diskusi yang berkaitan dengan Food and Beverages antara UMKM dan narasumber dari FTP yakni berkaitan dengan nutrition facts products, expired date, GMP (Good Manufacturing Practice) dan Pelatihan penanganan bahan pangan.

Salah satu narasumber Dr. Ir. Luh Putu Wrasiati, M.P. berharap dengan adanya diskusi ini kedepannya produk UMKM yang merupakan binaan dari Bank Indonesia dapat lebih berkembang dan memiliki pasar lebih luas. Salah satu masukan yang diberikan yaitu perlu diadakannya perlatihan GMP sehingga adanya pengenalan dan pelatihan terkait GMP, dapat memiliki prosedur yang tepat dalam proses produksi produk.  

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4282-Didapuk-sebagai-Narasumber-Pada-Sektor-Food-and-Beverages-Olahan-Dosen-FTP-Unud-Berdiskusi-dengan-UMKM-Binaan-Bank-Indonesia.html(gix)


TAGS :

Komentar