Mebayuh Sapuh Leger Massal Gratis Digelar di Payangan

  • 31 Juli 2018
  • 09:00 WITA
  • News
Balitopnews.com,  DENPASAR 
Dalam membantu umat dan mengaplikasikan ajaran Tri Hita Karana, khususnya hubungan manusia dengan manusia, Yayasan Hyang Hasung berencana menyelenggarakan otonan Bayuh Sapuh Leger secara gratis. Tepatnya pada Tumpek Wayang tanggal 22 September, dan rencananya dilakukan di Pura Masceti Payangan dan terbuka untuk umum.
 
Tokoh Payangan, Made Rai Warsa didatangi oleh perwakilan yayasan tersebut dan memberikan dukungan, Selasa ( 31 Juli 2018). Sehingga ia sendiri akan membantu dengan cara menginformasikan kepada masyarakat. “Kebetulan ini akan diselenggarakan di kampung saya, terlebih tujuannya juga untuk beryadnya,” jelasnya.
 
Salah satu panitia penyelenggara Mabayuh Sapu Leger Massal, Made Rai Wisnawa mengungkapkan pelaksanaannya pada 22 September mendatang. Bahkan untuk panitianya dilibatkan dari peserta yang akan ikut mabayuh, di samping itu juga bekerjasama dengan PHDI Kabupaten Gianyar. Sehingga pelaksanaan upacara tersebut  tidak ada istilah jual beli. “Ini tujuannya untuk meningkatkan Forum Pemuda Hindu Payangan dalam memberikan pelayanan kepada umat, meski tempatnya di Payangan yang akan ikut mabayuh terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya,” terangnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Wisnawa juga menjelaskan bagi yang akan ikut nantinya hanya cukup membawa sarana berupa daksina pejati sebanyak dua buah. Sedangkan yang muput dalam prosesi tersebut ia mengungkapkan para sulinggih dari semua klen. “Di sini bukan bersifat jual-beli, namun lebih menonjolkan sistem gotong royong,” imbuhnya. (Balitopnews.com / Made Donny ) 

TAGS :

Komentar