Diverifikasi, Selain Andalkan Situs Kebo Iwa, Ada Banyak Keunikan Desa Wisata Bongan. Apa Saja ?

  • 02 Agustus 2018
  • 04:27 WITA
  • News
Balitopnews.com, TABANAN 
Usulan Desa Bongan di Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali,  menjadi Desa Wisata direspon Dinas Pariwisata Tabanan dengan turun langsung melakukan verifikasi. 
 
Perbekel Desa Bongan I Ketut Sukarta, Kamis ( 2 Agustus 2018)  mengatakan  pihak Dinas Pariwisata Tabanan bersama Forum Komunikasi Desa Wisata melakukan verifikasi atas usulan Desa Bongan menjadi Desa Wisata pada Rabu ( 1 Agusutus 2018).  “Proposal yang kita ajukan ke Dinas Pariwisata Tabanan direspon dengan cepat,” terangnya. 
 
Saat turun ke lapangan  melakukan verifikasi, pihak Dinas Pariwisata Tabanan langsung didampinginya bersama Pengurus Desa Wisata Bongan. “Kami langsung ajak turun ke lokasi, melihat potensi Desa Bongan yang layak untuk dijadikan Desa Wisata,” beber Sukarta.  
 
Selain melihat langsung situs Kebo Iwa yang ada di kawasan Pura Puseh Bedha yang rencananya menjadi Ikon Desa Wisata Bongan, tim dari Dinas Pariwisata Tabanan juga diajak melihat langsung penangkaran  Burung Jalak Bali yang ada di Banjar Bongan Kauh. “Tim yang melakukan verifikasi mengaku sangat kagum dengan potensi yang ada, apalagi ditambah keberadaan penangkaran Burung Jalak Bali,” tandas Sukarta. Tim verifikasi juga diajak turun melihat sejumlah akomodasi atau tempat penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap di Desa Wisata Bongan.   “Kami juga jelaskan Bongan memiliki tradisi mesuryak, upacara ngaben tikus, serta  panorama sawah indah yang  berpontesi dikembangkan untuk wisata trekking,” bebernya.  Memang diakui oleh perbekel Sukarta, pihak Dinas Pariwisata Tabanan belum bisa memastikan kapan akan turun hasil verifikasi tersebut. “Kami berharap hasil verifikasi bisa segera diketahui dan Desa Bongan bisa ditetapkan sebagai Desa Wisata Bongan dengan SK Bupati Tabanan,” harap Sukarta. 
 
Sejuh ini di Kabupaten Tabanan baru 22 Desa Wisata yang memiliki SK Bupati. Sementara itu 21 Desa Wisata masih dalam proses pembinan dari Dinas Pariwisata Tabanan untuk mendapatkan SK Bupati. ( Balitopnews.com / Made Donny ) 

TAGS :

Komentar