Foto Bule Berpose di Atas Pelinggih Kawasan Pura Batukaru Hebohkan Warga

  • 12 September 2018
  • 14:04 WITA
  • News
Balitopnews.com, TABANAN 
Foto wisatawan asing berpose di atas sebuah pelinggih di Kawasan Pura Luhur Batukaru, Desa Wangaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan beredar di media sosial. 
 
Beredarnya foto wisatawan yang diduga berasal dari  Denmark itu membuat  masyarakat Tabanan dan Bali heboh. Menginggat kejadian serupa sebelumnya sudah pernah terjadi di sejumlah pura di Bali. 
 
Setelah ditelisik terkait foto wisatawan asing yang menggunakan kamen lengkap dengan  destar itu  berasal dari akun Instagram ( IG ) atas nama @tony.jarvi.
Foto tersebut diperkirakan diambil sekitar empat hari yang lalu saat bule tersebut berkunjung ke Pura Batukaru. Bule laki laki tersebut berfoto dengan naik ke pelinggih Pekiyisan Saren Kauh yang ada di barat Pura Batukaru.
 
Bendesa Adat Wangaya Gede, I Gede Manu Ardana yang dikonfirmasi terkait foto tersebut mengatakan bahwa dirinya baru mengetahui informasi  itu Rabu malam ini sekitar pukul 19.00 Wita  ( 12 September 2018).  Ia diberitahu oleh salah seorang karyawan yang bertugas menjaga kunjungan di Pura Batukaru. Karyawan tersebut datang ke rumahnya dan memperlihatkan foto bule yang naik ke pelinggih. "Saya sendiri baru mendapat informasi pukul 19.00 wita mala mini, setelah ada salah satu karyawan datang kerumah memberitahu hal ini," ujarnya.  Padahal ia baru saja datang dari Pura Luhur Batukaru, dan tak mendengar informasi tersebut. Mengetahui informasi seperti itu ia sangat kaget dan untuk membahas masalah tersebut piahknya Kamis besok ( 13 September 2018) sekitar pukul 09.00 wita bersama Polsek Penebel membahas hal tersebut di Pura Batukaru. "Akan ada pertemuan membahas hal tersebut dengan para Bendesa Adat, karyawan, dan Polsek Penebel, agar semuanya jelas," sambungnya.
 
Ia membenarkan kalau foto tersebut adalah pelingih Pekiyisan Saren yang lokasinya sekitar 300 meter di barat Pura Batukaru. Lokasinya ditengah hutan dipinggir sungai Yeh Mawa. "Dan kadang ada tamu yang diantar guide, ada yang tidak diantar guide. Lalu karena lokasi pelinggih yang berada agak dipelosok jadi tamu yang tidak melapor pun bisa kesana, karena memang jauh dari kahyangan Pura Batukaru dan sangat-sangat sepi," paparnya.
 
Kapolsek Penebel AKP I Ketut Mastra Budaya membenarkan lokasi foto bule yang beredar di media sosial itu benar di salah satu pelinggih yang ada di kawasan Pura Luhur Batukaru. “Tadi saya cek kesana memang benar foto di pelinggih tersebut. Lokasi nya sekitar 100 meter sebelah kiri Pura Batukaru,” jelasnya. Mastra Budaya mengatakan memang tidak ada yang tahu kapan foto itu diambil. “Karena memang tidak ada yang melihatnya,” tandasnya.  Untuk lebih jelasnya ia akan mengecek Kamis besok. Terkait wisatawan dari mana saja yang berkunjung, apakah ada pemandunya atau tidak karena wisatawan itu memakai kamen lengkap dengan destar. “Kamis besok kami cek dan kumpulkan pihak pihak terkait,” pungkasnya. 
 
Sementara itu komentar beragam bermunculan di media sosial mengenai foto tersebut. Ada yang mengutuk juga ada yang menyayangkan kasus serupa yang sempat terjadi di sejumlah pura di Bali  belum lama berselang. “Sangat disayangkan, terjadi lagi dan lagi,” ujar salah satu netizen. ( Balitopnews.com / Made Donny ) 

TAGS :

Komentar