Sejumlah Venues Porprov Bali XIV Diupacarai

  • 31 Agustus 2019
  • 04:59 WITA
  • News

Balitopnews.com, Tabanan

Komite Olah Raga Nasional (KONI) Tabanan menggelar upacara pembesihan dan penyucian bangunan baru sarana dan prasanra olahraga yang akan digunakan pada Porprov Bali XIV . 

Upacara penyucian sejumlah venues diantaranya GOR Debes yang baru, Wall Panjat Tebing di  Lapangan Alit Saputra dan sarana olahraga lainnya digelar Jumat bertapatan dengan Tilem, ( 30 Agustus 2019).  

Upacara dipimpin oleh Pemangku setempat yang selama ini bertugas di areal Stadion Debes. Sebelumnya pihak panitia juga melakukan upacara pembersihan dan penyucian secara terpisah di sejumlah sarana olahraga lain seperti di wilayah Selemadeg Barat dan Pupuan.

Sekum KONI Tabanan I Made Nurbawa mengatakan, upacara ritual pembersihan dan penyucian menurut tradisi dan keyakinan Agama Hindu tersebut dilakukan agar semua pihak yang berada dan menggunakan bangunan dan fasilitas lainnya merasa aman, tentram dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Upacara Yadnya kali ini merupakan bentuk penghormatan kearifan lokal dan implementasi motto Pemerintah Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.  “Kita yakini segala sesuatunya adalah “berjiwa” sehingga apapun wajib kita hormati dan tidak boleh dimanfatkan secara sembarangan, perlu ijin secara sekala dan niskala,”terangnya.

Nurbawa menambahkan, memang seperti bangunan Gor Debes yang baru tahap pengerjaannya belum selesai seratus persen, tetapi sejak awal Gor ini dibangun dalam rangka mendukung pelaksanaan Porprov di Tabanan.  “Perencanaan awal memang begitu, apalagi sejumlah rangkaian kegiatan dan pertandingan Porprov di Tabanan sudah dimulai pada Minggu 1 Sept 2019 seperti pengibaran bendera kontingen, pertandingan cabor Judo, diklat wasit juri dan lainya, “pungkas Nurbawa. ( Balitopnews.com / MD )  


TAGS :

Komentar