Sport Tourism dan Culture Tagline Porprov Bali XIV di Tabanan

  • 01 September 2019
  • 01:19 WITA
  • News

Balitopnews.com, Tabanan

Tabanan sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi Bali ke XIV yang akan dibuka tanggal 9 September 2019 mendatang, menampilkan hal yang berbeda. Tidak saja mengacu pada event utama yakni olah raga, namun Tabanan menggabungkan tiga bidang  yakni Sport, Tourism and Culture.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Tabanan I K G Sanjaya belum lama berselang. Menurutnya Tabanan mengusung Sport, Tourism and Culture karena ada keterkaitan antara olah raga pariwisata dan budaya.  Olah raga bisa menjadi destinasi wisata ketika dikemas dengan baik. Begitujuga dengan budaya. “Kami di Tabanan menggabungkan ketiga bidang ini yakni Sport, Tourism and Culture,” tadasnya. 

Sport tourism pada ajang Porprov ke XIV di Tabanan seperti contoh ajang balap sepeda diadakan di Desa Wisata Pinge di Kecamatan Marga. Sebagian besar  atlet dari seluruh Bali yang berlomba menginap di Desa Wisata Pinge . “Kamar kamar home stay sudah habis terjual dipesan oleh peserta porprov,” tandansya.  Jadi efeknya sangat luar biasa. “Masyarakat di desa desa bisa menikmati  ajang porprov karena olah raga dan tourism jadi satu kesatuan. Selain menonjolkan prestasi juga menonjolkan keramahtamahan yang merupakan modal awal dari pariwisata,” tadasnya. 

Tidak hanya di Desa Wisata Pinge, cabang cabang olah raga lainya juga tersebar di desa desa yang ada di sepuluh kecamatan di kabupaten Tabanan seperti di Selemadeg Barat, Pupuan dan lainya. “Jadi cabang olah raga ini kita sebar tidak berpusat di Kota Tabanan,” tandansya. Dengan digelarnya beberapa cabang olah raga di desa desa, maka perputaran perekonomian  diperdiksi mencapai Rp 2 Milyar dalam satu harinya. “Ini sungguh luar biasa efeknya bagi masyarakat kami di Tabanan,” tandas Sanjaya.

Begitujuga dengan culture. Pada acara pembukaan tanggal 9 September akan dipentaskan parade budaya. Segala bentuk kesenian yang ada di Tabanan akan ikut parade serta dipentaskan dalam pembukaan Porprov XIV .  “Kami akan tampilka okokan, barong bangkung, serta kesenian khas Tabanan lainya. Sehingga pembukaan menjadi meriah dengan digelarnya parade budaya,” pungkasnya. (Balitopnews.com / MD )


TAGS :

Komentar