Parade Barong Bangkung Desa Kukuh Diawali Pembacaan Sumpah Pemuda

Balitopnews.com, Tabanan

Pemerintah Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan menggelar parade barong bangkung di DTW Alas Kedaton, Minggu (27 Oktober 2019). Parade dibuka Wakil Bupati Tabanan Dr I Komang Gede Sanjaya SE MM. Turut hadir Kadis Pariwisata I Gede Sukanada, Kabag Humas dan Protokol I Ketut Rudia serta Camat Marga Drs I Gusti Agung Alit Adiatmika. Sesuai tema Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto mengajak undangan dan seluruh penonton berdiri untuk mengucapkan sumpah pemuda.

 

Perbekel Made Sugianto menjelaskan, parade budaya akan rutin digelar setiap tahun semasa pengabdiannya di Desa Kukuh. Di awali di tahun pertama mengabdi dengan menggelar parade baleganjur. Parade budaya digelar setiap bulan Oktober untuk memperingati sumpah pemuda dan memberi ruang seni serta kreatifitas bagi generasi muda. "Sekaligus kami ingin menggaungkan DTW Alas Kedaton. Kami berharap kunjungan wisatawan meningkat. Ini bagian dari visi dan misi 6 tahun memimpin desa," jelas Sugianto.

 

Dijelaskan, peserta parade sebanyak 6 sekaa barong bangkung. Masing-masing sekaa membawa tema cinta lingkungan. "Melalui tontonan kami ingin memberikan tuntunan semoga penonton mendapat edukasi untuk cinta lingkungan," harap Sugianto.

 

Diharapkan pula dengan adanya ruang seni bagi generasi muda,mampu mendongkrak dan menggeliatkan kembali Alas Kedaton seperti masa kejayaan tahun 1990-2001. Dalam kesempatan itu, Sugianto juga mengajak masyarakat meningkatkan rasa nasionalisme, tidak terpecah belah dengan hoak. Sebagai wujud nyata, Sugianto mengajak penonton dan undangan berdiri serta mengacungkan tangan untuk bersama-sama mengucapkan Sumpah Pemuda. "Mari bersatu membangun desa. Bersama kita bisa membangun Indonesia dari desa," tegasnya.

 

Sementara itu Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya memberikan apresiasi positif atas digelarnya parade barong bangkung di DTW Alas Kedaton, Desa Kukuh, Kecamatan Marga. “Kegiatan seperti ini harus terus berkesinambungan, berkelanjutan, dan saya sangat mengapresiasi sekali,” tegas Sanjaya. (Balitopnews.com/MD)


TAGS :

Komentar