Anak TK dan PAUD Peringati Hari Makan Ikan Nasional di Pantai Yeh Gangga

Balitopnews.com, Tabanan

Sebanyak 80 anak anak TK dan PAUD memperingati Hari Makan Ikan Nasional yang jatuh pada tanggal 21 November. Menariknya anak anak TK dan PAUD makan ikan bersama di Yeh Gangga Beach Club  di Pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali,  Kamis, (21 November  2019)  

Kegiatan ini diselenggarakan oleh yayasan PAUD Desa Sudimara juga bertujuan agar anak gemar makan ikan dalam upaya pecegahan stunting.

“Kami ajak anak-anak agar lebih senang makan ikan,” kata Bunda PAUD Desa Sudimara, Ni Made Fitria Dewi.

Anak-anak dari tiga sekolah PAUD dan TK diajak menikmati olahan ikan dengan dibuat mnjadi nuget. Ikan yang digunakan berupa jenis gurami dan ikan laut.

 

“Selain mengajak anak-anak terlibat kegiatan, penyuluhan terkait stunting kami rutin lakukan melalui Posyandu,” ujarnya.

 

Hari ikan nasional ditetapkan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 21 Januari 2014 melalui Keputusan Presiden Nomor 3 tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional.

Perayaan ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi.

Selain itu, penetapan Hari Ikan nasional juga dilakukan sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal namun tetap berprinsip pada kelestarian alam.

“Suka makan ikan. Di rumah ibu sering bikin olahan ikan,” kata peserta makan ikan, Viona ( 6)

Selain acara makan ikan dengan megibung, kegiatan ini juga diisi dengan senam gemar makan ikan yang diikuti oleh anak-anak paud dan taman kanak-kanak. Juga diawali dengan bersih bersih sampah di Pantai Yeh Gangga. ( Balitopnews.com/MD)


TAGS :

Komentar