TMMD ke-104 Desa Peninjoan, Perkuat Gotong Royong dan Libatkan Warga Binaan

  • 15 Maret 2019
  • 17:27 WITA
  • News

Dandim 1626//Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto bersama warga binaan dalam TMMD ke-104 Desa Peninjoan, Bangli (Foto: Balitopnews.com)

Balitopnews.com, Bangli - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Komando Distrik Militer (Kodim) 1626//Bangli yang dilaksanakan di Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli-Bali dirasakan telah meningkatkan kembali semangat gotong royong yang ada di tengah masyarakat Bangli, khususnya di Desa Peninjoan tempat dilaksanakannya kegiatan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 1626//Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto, M.Sc., saat menerima kunjungan awak media di Pos Komando Strategis (Poskotis) TMMD ke-104 Kodim 1626//Bangli, yang berada di Desa Peninjoan, Jum’at 15 Maret 2019.

“Kalau hanya sekedar ingin membuat jalan 1.5 kilo Pak Bupati tenderkan bisa selesai dan semua bisa senang, tapi kita kurang mendapatkan nilai gotong royongnya, dengan TMMD ini yang dikerjakan secara swadaya membangkitkan dan memperkuat lagi semangat gotong royong yang ada di masyarakat kita,” ucapnya.

(Foto: Balitopnews.com) Dandim 1626//Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto, M.Sc., saat memantau pelaksanaan pembangunan jalan TMMD Desa Peninjoan, Bangli

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Tembuku I Dewa Agus Putu Purnama, ia mengatakan bahwa dalam kegiatan TMMD ini anggaran dana yang ada diusulkan untuk digunakan sepenuhnya belanja barang, sedangkan pengerjaannya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat bersama anggota TNI melibatkan unsur TNI-Polri, ASN Pemkab Bangli, Aparat Kecamatan Tembuku, Staf Desa Peninjoan, Mahasiswa IHDN, dan juga siswa-Siswi SMA Negeri 1 Tembuku.

“sambutan dan respon masyarakat ternyata sangat antusias mendukung, mereka percaya karena kita memberikan transparansi dan keterbukaan dalam penggunaan anggarannya,” ujarnya.

Pelaksanaan TMMD ke- 104 TA 2019 ini sendiri memiliki sasaran pokok pembangunan fisik seperti, pembuatan jalan sepanjang 1500 meter, bedah rumah salah satu warga dan pembuatan MCK. Dan sedangkan untuk sasaran non fisik ada 14 item atau materi penyuluhan.

Dalam pelaksanaan selain melibatkan 150 personel TNI dan pihak-pihak yang disebutkan di atas, TMMD kali ini juga melibatkan 10 warga binaan Lapas dan Rutan yang ada di Bangli, yaitu diantaranya 5 orang warga binaan dari Lapas Narkotika Klas IIA Bangli dan 5 orang dari Rutan Bangli.

Pelibatan 10 warga binaan ini, kembali Letkol Cpn Andy Pranoto menjelaskan, bahwa inisiasinya awalnya muncul saat Kepala Rutan Bangli beraudiensi ke Kodim 1626/Bangli dan meminta agar warga binaannya dapat diikutsertakan untuk membantu pelaksanaan kegiatan TMMD ini.

“ke 10 warga binaan diikutsertakan untuk ikut membantu dalam pembuatan MCK dan bedah rumah. Yang diikutsertakan mereka yang memiliki skill dan dan sebelum nya sudah diseleksi, dan Kalapas telah memastikan dapat menjamin keamanannya dan selama di lapangan juga tetap dalam pengawasan dari pihak lapas,” ungkapnya.

Sementara itu, Anang Winarko, salah satu warga binaan tersebut mengaku senang mengikuti kegiatan ini, ia mengaku senang dapat melakukan aktifitas di luar lapas dan dapat membantu melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ia sendiri merupakan terpidana kasus narkoba yang mendapat vonis hukuman selama 5 tahun dan telah menjalani hukuman selama 2.8 tahun. “saya sudah insaf, saya hanya ingin melakukan sesuatu yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Peninjoan I Dewa Nyoman Tagel Putra Adnyana menyampaikan terimakasih karena desanya telah dipilih dalam pelaksanaan TMMD ke -104 ini.

Ia mengatakan TMMD ini telah mewujudkan salah satu harapan bagi warga Desa Peninjoan, khususnya warga Banjar Dinas Tampuagan dan Banjar Penarukan yang selama ini sangat kesulitan akses jalan yang menghubungkan kedua banjar tersebut.

“jalan ini memang sangat diharapkan masyarakat, karena jalur ini sering digunakan oleh masyarakat saat melakukan upacara nganjut (bagian prosesi upacara pemakaman,red),” ucapnya.

Ia berharap pembangunan jalan dan kegiatan sosial lainnya yang telah dilaksanakan dalam TMMD ke-104 di Desa Peninjoan ini bisa berguna dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat di desanya. (Nai)


TAGS :

Komentar