Kecenderungan Pasien Positif dari PMI Terus Bertambah

  • 08 April 2020
  • 21:04 WITA
  • News

 

DENPASAR, Balitopnews.com - Kecenderungan pasien positif dari PMI (Pekerja Migran Indonesia) terus bertambah, kebanyakan WNI yang bekerja di Amerika dan Italia. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Bali Wayan Koster yang bertindak selaku Ketua Gugus Tugas Pelaksana Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, di Rumah Jabatan Jaya Sabha, Denpasar, didampingi Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra, Rabu (8 April 2020) 

Gubernur Koster menyampaikan, jumlah PDP sebanyak 215 orang. Jumlah pasien positif sebanyak 49 orang (7 orang WNA dan 42 orang WNI) bertambah 6 orang WNI dari kemarin. Jumlah pasien positif WNI sebanyak 42 orang terdiri dari:  Jumlah pasien positif Domisili Bali sebanyak 27 orang bertambah 1 orang dari kemarin. Jumlah pasien positif PMI sebanyak 15 orang, bertambah 5 orang dari kemarin. Jumlah pasien meninggal WNA sebanyak 2 orang. Jumlah pasien positif yang sembuh sebanyak 19 orang (4 orang WNA dan 15 orang WNI).  Jumlah pasien yang dirawat sebanyak 28 orang (1 orang WNA dan 27 orang WNI).

Wayan Koster menambahkan, warga Bali yang menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) Anak Buah Kapal (ABK) diperkirakan mencapai lebih dari 20.000 orang. Sejak 29 Maret sampai 7 April 2020 sudah dipulangkan sebanyak 6.174 orang. Nanti malam akan pulang dari Amerika sebanyak 601 orang. Setiap hari ada yang pulang dari berbagai negara. "Kebijakan kita di Bali, semuanya harus mengikuti Rapid Test agar diketahui kondisinya. Yang negatif boleh pulang tetapi harus mengikuti karantina mandiri di rumah dengan disiplin, dan diawasi oleh Satgas Gotong-royong Desa Adat. Mohon agar masyarakat di desanya bisa menerima kepulangan warganya itu, tapi harus diawasi ketat. Yang positif harus dikarantina di tempat yang telah disediakan oleh Pemprov Bali atau langsung dibawa ke Rumah Sakit Rujukan",ungkapnya.(Balitopnews.com/gix) 


TAGS :

Komentar