Gubernur Koster :  Jika Pariwisata Sudah Pulih Dorong Hotel dan Restoran Gunakan Produk Lokal  Pertanian, Perikanan, dan Kerajinan

  • 25 Agustus 2020
  • 18:08 WITA
  • News

DENPASAR, Balitopnews.com - Gubernur Bali, Wayan Koster mengatakan pariwisata tidak akan dijauhi ditengah situasi pandemi covid-19, tetapi harus diimbangi sektor partanian untuk memperkuat perekonomian Bali.

 

"Kita akan ubah struktur dan fundamental Bali agar tidak lagi bertumpu pada pariwisata. Selama ini 53 persen ekonomi Bali ditopang oleh pariwisata. Akibatnya ketika terjadi masalah seperti ini (pandemi-red) kita menghadapi kesulitan," terangnya, Selasa 25 Agustus 2020. 

 

Koster mengungkapkan bukan berarti pariwisata  dijauhi. Tapi tetap akan  dijadikan satu prioritas namun juga harus diimbangi dengan sektor lain untuk memperkuat perekonomian Bali. 

 

"Yang saya lihat adalah perekonomian  Bali harus ditopang selain pariwisata adalah pertanian. Pertanian dalam arti yang luas. Juga industri pangan, sandang, yang berkaitan dengan kerajinan rakyat. Jadi tiga komponen ini akan menjadi unsur utama didalam membangun ekonomi kita kedepan," imbuhnya.

 

Menurut Koster, program ini ada jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek sekarang  dihidupkan pemanfaatan produk-produk lokal melalui program pasar gotong royong krama Bali.

 

"Ini sangat menolong petani kita karena di masa pandemi ini mereka sulit berjualan, sekarang sudah mulai bisa berjualan walaupun belum maksimal. Jika pariwisata sudah pulih kita dorong hotel dan restoran gunakan produk lokal seperti pertanian, perikanan, dan kerajinan," pungkasnya.(gix)


TAGS :

Komentar