Setahun Berdiri, Kepik Mas Bali Gelar Pameran Ikan Mas Koki Bali dan Rancang Penyusunan  Literasi

Sekretaris Kepik Mas Bali Made Arianta Ananda

 

 

DENPASAR, Balitopnews.com -Kelompok Pembudidaya Ikan (Kepik) Mas Bali menggelar pameran ikan mas koki Bali hasil budidaya, di Banjar Pemedilan Denpasar dalam rangka setahun berdirinya Kepik Mas Bali.

 

Sekretaris Kepik Mas Bali Made Arianta Ananda mengatakan pameran ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang keberadaan ikan mas koki Bali, sehingga nantinya bisa melestarikan keberadaan ikan mas koki Bali ini.

 

"Ke depan dengan dukungan Dinas Perikanan Kota Denpasar, Kepik Mas Bali akan menggelar workshop bersama kelompok pembudidaya untuk menetapkan pakem-pakem dari ikan mas koki Bali dan membuat sebuah literatur, " ucapnya.

 

Hal ini karena dari beberapa versi beredar cerita bahwa ikan mas koki ini awalnya dari zaman Raja Jaya Pangus yang dihadiahi ikan mas koki oleh Kang Cing Wie. Sehingga perlu dibuatkan literasi yang bisa dikukuhkan bersama. 

 

"Ada spesifikasi yang berbeda dari ikan mas koki Bali. Lewat momen ini diharapkan bisa memperkenalkan ikan mas koki Bali menjadi maskot Kota Denpasar, " imbuhnya, Minggu (30 Mei 2021).

 

Keunikan ikan mas koki Bali  menurutnya yang khas mulai dari bentuk matanya, bentuk badan, dan ekornya.

 

"Jadi ikan mas koki Bali itu ekornya bisa melebihi dari panjang badan. Jadi panjangnya bisa satu setengah kali panjang badan, bola matanya ada semacam teropong. Selain itu warna dan goyangannya sangat bagus dilihat dari atas," katanya.

 

Terkait harga, ia menyebut sangat variatif. Untuk bibit bisa dijual Rp 50 ribu, bahkan ada juga penghobi yang menawar Rp 2,5 juta untuk ikan yang masih muda.


 

Ia menyebut ada 18 orang pembudidaya di lingkungan Banjar Pemedilan Desa Pemecutan Denpasar. Awalnya anggota diberi bibit 9 ekor. Semua dibudidayakan, selama 1 tahun jadi momen edukasi untuk pembiakan. 16 orang sudah berhasil memijah ikan, namun belum dipasarkan. 

 

"Kecuali kepada pecinta saja sebagai hibah. Setelah setahun baru akan dipasarkan," pungkasnya. (gix)

 


TAGS :

Komentar