Diskominfo Tabanan Gelar Sosialisasi E-surat dan Tanda Tangan Elektronik

  • 02 Desember 2021
  • 21:12 WITA
  • News
, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tabanan, menggelar acara sosialisasi E-surat dan Tanda Tangan Elektronik bagi para Sekpri Pimpinan di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Tabanan

 

TABANAN,Balitopnews.com - Mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan mendukung Visi dan Misi Kabupaten Tabanan yaitu; Tabanan yang Aman Unggul dan Madani (AUM), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tabanan, menggelar acara sosialisasi E-surat dan Tanda Tangan Elektronik bagi para Sekpri Pimpinan di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Tabanan.

 

Sosialisasi yang akan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 1- 2 Desember 2021 tersebut, dibuka secara resmi oleh Asisten III Sekda Kabupaten Tabanan I Made Agus Hartawiguna, di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati setempat, Rabu, (1 Desember 2021). Acara ini juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo I Putu Dian Setiawan beserta jajarannya dan Kabag Umun Setda Sastra Wibawa. 

 

Agus Hartawiguna dalam sambutannya mengatakan, selama ini sesuai Tata Naskah Dinas, Pemkab Tabanan masih menerapkan mekanisme sistem persuratan yang konvensional (manual), namun akibat tuntutan kemajuan dibidang Teknologi Informasi dan Komuniasi (TIK) yang demikian maju dan cepat, maka Pemkab Tabanan juga harus melakukan transformasi dibidang TIK tersebut guna bisa memberi pelayanan dibidang administrasi  yang lebih baik dan lebih cepat, baik diinternal Pemkab maupun kepada masyarakat. Menurutnya, dengan semangat itu sosialisasi penerapan Aplikasi E-surat dan TTE ini menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Melaui sosialisasi ini diharapkan, dapat meningkatkan pengetahuan dan  ketrampilan  para sekpri sehinga bisa memberi pelayanan yang lebih baik kepada pimpinan. 

 Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tabanan I Putu Dian Setiawan 

yang pada acara itu sekaligus sebagai nara sumber dalam kata pengantarnya mengatakan, guna mempercepat terwujudnya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan mendukung visi misi Kabupaten Tabanan Aman Unggul dan Madani (AUM), Dinas Kominfo sudah melakukan beberapa inovasi, salah satunya aplikadi  sistem persuratan elektronik yang  diberi nama TOP (Tabanan Office Partner). Dikatakan, inovasi aplikasi surat elektronik ini juga terus dikembangkan dan disempurnakan, dan saat ini juga sudah dilengkapi dengan penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Dimana penerapan TTE ini sudah diverikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sehingga keabsahannya bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. 

 

Lebih lanjut Dian Setiawan mengatakan aplikasi e-surat ini memiliki lebih banyak keunggulan jika dibandingkan dengan sistem persuratan konvensional (manual), diantaranta; cepat dalam pengiriman (tidak membutuhkan kurir), Menghindari dan mengurangi terjadinya tatap muka, pleksibel, artinya Pimpinan Daerah dan para Kepala OPD bisa menandatangani, membaca, membuat disposisi dimana dan kapan saja. Selanjutnya hemat dari segi biaya, karena dapat mengurangi penggunaaan kertas dan tidak lagi memerlukan kurir, serta biaya pengiriman. Kemudian, dengan aplikasi e-surat, monitoring terhadap surat dapat dengan mudah dilakukan serta arsif /file surat menjadi lebih aman karena sudah tersimpan berupa file elektronik pada Bank Surat, sehingga sewaktu waktu apabila diperlukan dapat dengan mudah dicari. (Md/rls)


TAGS :

Komentar