Sempat Tersesat, Dua Pendaki Gunung Batukaru Akhirnya Ditemukan Selamat

  • 04 Maret 2024
  • 21:03 WITA
  • News
Putu  Eka Putri Pratiwi yang sempat tersesat di Gunung Batukaru sejak Sabtu 2 Maret 2024 akhirnya berhasil ditemukan Senin sore 4 Maret 2024

TABANAN,Balitopnews.com - Dua pendaki  gunung Batukaru yang sempat tersesat dari hari Sabtu  (2 Maret 2024)  akhirnya berhasil ditemukan Tim Gabungan, Senin sore ( 4 Maret 2024) .

Keduanya yakni Sandika (21)  dan  Putu  Eka Putri Pratiwi (24) ditemukan di lokasi dan waktu yang berbeda.

Sandika berhasil ditemukan pertama sekitar pukul 09.00 Wita. Dia turun menelusuri pipa air yang kemudian sampai di tempat awal dia mendaki di jalur Bukit Buluh Desa Pujungan Kecamatan Pupuan.

Kapolsek Pupuan AKP Sudiarba  menjelaskan berdasarkan keterangan dari Sandika. Mereka berdua pada Sabtu ( 2 Maret 2024 )pada pukul 09.00 Wita,  naik ke gunung Batukaru melalui jalur Bukit Buluh Desa Pujungan Kecamatan Pupuan. Sekitar pukul 15.00 wita atau kurang lebih 200 meter dari puncak mereka menemui jalan buntu sehingga memutuskan untuk kembali Turun gunung/Pulang. Pukul 19.00 pada saat perjalanan Pulang mereka tersesat dan ketemu jurang. Sehingga mereka berdua berusaha untuk menghubungi keluarganya untuk meminta bantuan, dan mereka memutuskan  membuat Tenda untuk beristirahat. Keesokan  harinya yakni Minggu  tanggal 03 Maret 2024 pada pukul 09.00 wita dikarenakan tidak ada tim penolong selanjutnya mereka melakukan perjalanan turun untuk pulang. Sekitar pukul 16.00 Wita  mendengar suara suara gergaji mesin sehingga mereka mencari sumber suara tersebut, dikarenakan tidak ketemu dan sudah malam hari pada pukul 19.00 wita mereka kembali mendirikan tenda untuk beristirahat,  pada saat itu Putu Eka sempat mengatakan kepada Sandika untuk kembali naik memberikan Sinyal Laser namun tidak diijinkan oleh Sandika, selanjutnya pada pukul 21.00 mereka beristirahat di Tenda.
Pada Hari Senin tanggal 04 Maret 2024 pada pukul 03.00 Wita Sandika terbangun dari tidurnya dan melihat Putu Eka sudah tidak ada ditempat, dan sempat dilakukan pencarian oleh Sandika kurang lebih selama 1 jam namun tidak ketemu sehingga Sandika memutuskan turun sendiri untuk mencari pertolongan kepada warga dan bertemu dengan aliran sungai, aliran sungai tersebut  diikuti kemudian menemukan Pipa air warga sehingga pipa tersebut diikuti dan kemudian Sandika sampai ditempat dia naik semula dan disana sudah ada Warga masyarakat dan Keluarga dari Putu Eka yang menunggu.
Sandika dalam keadaan sadar, sakit diatas lutut Kaki Kiri dan penanganan petugas medis dipuskesmas Pupuan 1.
Karena cuaca tidak bersahabat, sekitar pukul 13.00 pencarian terhadap Putu Eka sempat dihentikan oleh Tim Gabungan yang terdiri dari Basarnas , SAR Polda Bali, Pemandu lokal, Potensi Sar, Polsek Pupuan dan Koramil.Pupuan.
Sekitar pukul 14.00 pencarian terhadap Putu Eka  kembali dilakukan ke tengah hutan. Sekitar
pukul 17.30 Ni Putu Eka Pratiwi  ditemukan disekitar wilayah hutan gunung batukaru termasuk wilayah desa pujungan kecamatan Pupuan selanjutnya korban dibawa kepuskesmas Pupuan 1 untuk diberikan pertolongan dan pengobatan.

Kapolsek Pupuan AKP Sudiarba menambahkan Putu Putri Eka Pratiwi dan Sandika belum pernah mendaki di Gunung Batukaru, Kedua pendaki tidak melapor dengan petugas Registrasi Pendakian di Desa Pujungan dan kedua pendaki tidak mengajak pemandu orang lokal pada saat mendaki. "Keduanya sudah kami serahkan Kepada keluarga dalam keadaan sehat," jelas Kapolsek Pupuan AKP Sudiarba.  ( Md)


TAGS :

Komentar