JUPI Unud Beri Pendampingan Bagi Pengelola Jurnal Menuju Bereputasi Global

Pendampingan yang diselenggarakan Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah (JUPI) UNUD untuk pengembangan jurnal yang bereputasi global

DENPASAR, Balitopnews.com  - Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah (JUPI) Universitas Udayana menyelenggarakan Pengembangan Unud Jurnal Menuju Bereputasi Global, Senin (27 November 2023). Acara ini dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik Unud dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Muji Setiyo, ST.,MT (Universitas Muhammadiyah Magelang), dipandu moderator Made Widya Jayantari, ST.,MT. Sementara materi yang disampaikan tentang Strategi Peningkatan Peringkat Akreditasi Nasional, Strategi Indeksasi Internasional serta Pendampingan Pendaftaran ke Arjuna dan Indeksasi Internasional.

Ketua Unit JUPI Gusti Ayu Putu Candra Dharmayanti, Ph.D mengatakan ada 10 Universitas yang diundang mengikuti kegiatan ini terdiri dari Politeknik Negeri Bali, ISI Denpasar, Universitas Mahasaraswati, Undiknas, Universitas Warmadewa, Universitas Ngurah Rai, Universitas Mahendradatta, UNHI, Universitas Dwijendra, dan UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dengan total peserta berjumlah 60 orang. 

Ditambahkan saat ini jurnal Unud yang sudah terakreditasi dengan peringkat SINTA 1 sebanyak 2 jurnal, SINTA 2 sebanyak 11 jurnal, SINTA 3 sebanyak 27 jurnal, SINTA 4 sebanyak 33 jurnal, SINTA 5 sebanyak 20 jurnal dan SINTA 6 sebanyak 1 jurnal. Untuk indeksasi global, DOAJ sebanyak 39 jurnal, Web of Science sebanyak 3 jurnal dan Scopus 2 jurnal. 

Tahun ini lima pengelola jurnal sudah melakukan mendaftar ke Scopus, meskipun tiga ditolak nanti akan diperbaiki dan dua lagi masih berproses. Dalam kegiatan ini juga terdapat beberapa jurnal yang siap diorbitkan ke Scopus. Pihaknya berharap kegiatan ini bermanfaat bagi para pengelola jurnal di lingkungan unit kerjamasing-masing.

Sementara Wakil Rektor Prof. I Gede Rai Maya Temaja menyampaikan, akreditasi jurnal adalah pengakuan resmi atas penjaminan mutu jurnal ilmiah dengan penilaian melalui kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu penerbitan jurnal. Peringkat akreditasi menunjukkan kualitas dari suatu jurnal. Pihaknya mengapresiasi serta mendukung prakarsa tim JUPI untuk terus meningkatkan peringkat jurnal-jurnal di Unud, mendampingi penyiapan beberapa jurnal yang sudah memasuki masa reakreditasi dan beberapa jurnal baru (yang belum terakreditasi) perlu mempersiapkan diri untuk mengajukan akreditasi SINTA.

Untuk meningkatkan peringkat atau grade jurnal, diadakan acara Pengembangan Unud Journals menuju Bereputasi Global, dengan tujuan untuk memberikan strategi bagi pengelola jurnal dalam meningkatkan kualitas tata kelolanya menuju jurnal yang mampu terindeksasi Internasional.

"Dari kegiatan ini kami berharap pengelola jurnal semakin bersemangat sehingga pada tahun mendatang, lebih banyak jurnal di Unud yang terindeksasi global. Di samping itu juga jurnal yang belum terakreditasi segera terakreditasi, dan jurnal yang sedang melakukan reakreditasi naik peringkat SINTA nya," ujar Prof. Rai.

https://www.unud.ac.id/in/berita6141-JUPI-Universitas-Udayana-Beri-Pendampingan-Bagi-Pengelola-Jurnal-Menuju-Bereputasi-Global.html(gix)


TAGS :

Komentar