BaliTopNews - Journalists never die

Alamat Redaksi : Jalan Beji nomor 1, Banjar Bongan Gede, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali

Call:088977952703

[email protected]

Menteri Sandiaga Uno Cek Kesiapan DTW Jatiluwih Terima Delegasi WWF

Jumat, 03 Mei 2024

BaliTopNews - Journalists never die

 

TABANAN,Balitopnews.com - Daya Tarik Wisata DTW Jatiluwih Desa Jatiluwih Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan, Bali, menjadi salah satu destinasi wisata yang akan dikunjungi oleh delegasi World Water Forum (WWF).

Guna mengetahui kesiapan penerimaan delegasi WWF yang akan berlangsung pada tanggal 18 sampai 25 Mei 2024,  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno turun langsung ke DTW Jatiluwih, Jumat (  3 Mei 2024) .

"Secara keseluruhan, DTW Jatiluwih sudah siap dalam menerima kunjungan para Delegasi WWF. Kami juga sudah melihat beberapa spot yang akan dikunjungi dan atraksi apa yang akan disuguhkan kepada para Delegasi,” jelas Menteri Sandiaga Uno

Sandiaga Uno mengungkapkan, nantinya para Delegasi WWF akan diperkenalkan sistem subak yang ada di Jatiluwih.

Sistem subak ini merupakan salah satu sistem pengelolaan air untuk aktivitas pertanian yang berbasis kearifan lokal.

Subak Jatiluwih juga sudah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional sebagai salah satu warisan budaya dunia tak benda oleh UNESCO

"Melalui pegelaran event ini, kami berharap bisa memantapkan posisi Indonsesia dalam kepemimpinannya dalam forum pengelolaan air sedunia,” lanjutnya.

Misi lain yang ingin dilakukan Kementerian Pariwisata adalah ingin memperkenalkan Desa Adat Jatiluwih sebagai salah satu nominasi Desa Wisata terbaik dunia yang diselenggarakan oleh UN Tourism pada 2024.

“Kami harapkan mudah-mudahan bisa menjadi salah satu prestasi bagi Jatiluwih. Sehingga nantinya bisa menjadi Best Tourism Village 2024. Dimana posisi sebelumnya ditempati oleh Desa Pengelipuran di Kabupaten Bangli,” tambahnya.

Manajer Operasional DTW Jatiluwih Ketut Purna mengatakan, secara keseluruhan DTW Jatiluwih sudah siap menerima kunjungan delegasi WWF.

" Kami akan pasang penjor disepanjang  jalan untuk menyambut Kedatangan delegasi WWF.  Secara keseluruhan kami sudah siap," tandasnya.

Begitu juga dengan lahan parkir, sudah disiapkan dan diatur sehingga tidak sampai mengganggu lalulintas disaat  Kedatangan delegasi maupun wisatawan laimya  yang ingin menikmati keindahan dan panorama sawah teras siring yang  indah mempesona.

“Tahun ini kami juga mendaftar sebagai salah satu nominasi Best Tourism Village of 2024. Semoga di tahun 2024, status sebagai desa wisata terbaik bisa kami raih,” pungkasnya.  (Md)


Komentar

Berita Terbaru







Terpopuler