BaliTopNews - Journalists never die

Alamat Redaksi : Jalan Beji nomor 1, Banjar Bongan Gede, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali

Call:088977952703

[email protected]

Delegasi WWF dari Thailand Tertarik Dengan Subak Sistem Di Jatiluwih

Kamis, 23 Mei 2024

BaliTopNews - Journalists never die

 

TABANAN,Balitopnews.com - Sstelah sebelumnya beberapa Delegasi World Water Forum  (WWF) ke10 mengunjungi Daya Tarik Wisata (DTW) Jatiluwih di Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan.  Giliran Delegasi WWF  Thailand berkunjung ke destinasi wisata dengan pemandangan sawah teras siring pada Kamis ( 23 Mei 2024) .

Rombongan yang berjumlah 15 orang tersebut dipimpin Dr. Surasri  Kittimonthon selaku Sekretaris Jendral Sistem Pengairan Thailand. Tiba di DTW Jatiluwih sekitar pukul 11.05 langsung disambut Manajer DTW Jatiluwih I Ketut Purna didampingi Perbekel Jatiluwih  I Nengah Kartika.

Tidak lupa rombongan delegasi dari Thailand tersebut dikalungi bunga pertanda ucapan selamat datang. Manajer DTW Jatiluwih I Ketut Purna mengarahkan rombongan menuju Subak Jatiluwih dengan menyusui jalan Subak sembari menjelaskan kondisi Subak Jatiluwih mulai dari sejarahnya yang merupakan warisan turun temurun dari leluhur masyarakat di Desa Jatiluwih, termasuk luasan  hamparan sawah teras siring, pengolahan sawah, sistem Subak yang masih lestari sampai hari ini, hingga harga gabah setelah panen.

Berkeliling Subak menuju spot foto yang telah disiapkan  di tengah sawah semakin membuat terpesona para delegasi dari negara gajah putih tersebut.   Momen tersebut digunakan sebagai ajang foto selfe juga foto bersama .Usai berkeliling rombongan dijamu makan siang bersama.

Dr. Surasri  Kittimonthon selaku Sekretaris Jendral Sistem Pengairan Thailand mengatakan pihaknya sangat berkesan karena Jatiluwih bisa merawat  Subak ini secara berkelanjutan."Subak Sistemnya sangat bagus dan harus diwariskan kepada anak cucu," jelasnya.Ia juga kagum dengan Subak Sistem, teras sering dan padi merah yang ada di Jatiluwih.

Manajer DTW Jatiluwih I Ketut Purna mengatakan kunjungan Delegasi WWF dari Thailand juga mengagumi  sistem pertanian yang ada di Jatiluwih.  " Meski pertanian mereka lebih baik dari kita  tapi mereka mengungkapkan ketertarikanya  dengan subak , bahkan mau belajar lagi tentang pertanian di desa kita Jatiluwih ini," tegasnya.

Sebelum Delegasi WWF Thailand,  DTW Jatiluwih juga dikunjungi Delegasi WWF dari Zambia East Africa Dr Musonda Mumba
Secretary General Convention on Wetlands (RAMSAR). (Md )


Komentar

Berita Terbaru







Terpopuler