BaliTopNews - Journalists never die

Alamat Redaksi : Jalan Beji nomor 1, Banjar Bongan Gede, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali

Call:088977952703

[email protected]

Digelar di Masa Pandemi, Puncak Palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung Berjalan Lancar

Jumat, 08 Oktober 2021

BaliTopNews - Journalists never die

DENPASAR, Balitopnews.com -Puncak pelaksanaan palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung dari Griya Gede Keniten, Sanur, Denpasar berlangsung Jumat (8 Oktober 2021). Meski digelar terbatas di tengah pandemi Covid-19, namun antusias masyarakat untuk menyaksikan upacara ini sangat tinggi.

Salah seorang putra Ida Pedanda yakni Ida Bagus Gede Agung Sidharta Putra mengatakan peserta yang dilibatkan dalam prosesi ini hanya 300-an orang.
 
Acara diatur per kelompok, dimulai dengan ngunggahan layon ke pamereman dilanjutkan iring-iringan berangkat menuju patunon yang berada di kawasan Pantai Matahari Terbit.
 
Serangkaian dengan palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung dari Griya Gede Keniten, pada Rabu, 6 Oktober 2021 digelar prosesi manah toya ning di Pura Belatri kawasan Pantai Matahari Terbit, Sanur.
Sebelum digelar prosesi ini, pada 12 September 2021 lalu telah digelar upacara malelet.
 
Setelah prosesi manah toya kemudian dilanjutkan dengan prosesi pangaskara dan ngajum.
 
Ia menambahkan upacara ini sebenarnya sudah digelar pada 15 Agustus 2021 lalu. Namun karena masih dalam suasana PPKM darurat, maka pelaksanaan palebon diundur menjadi tanggal 8 Oktober 2021.
 
“Di tempat ini karena griyanya besar, maka tempatnya bisa terpisah-pisah. Setiap yang masuk wajib cuci tangan, cek suhu, pakai masker, dan juga menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Jadi secara prokes, kebetulan kami orang hotel dan satgas di pariwisata, wajib melakukan itu,” katanya.
 

Sebagai informasi, Ida Pedanda Nabe Gede Dwija wafat pada usia 87 tahun, di Griya Gede Keniten pada Minggu, 28 Maret 2021 dan bertepatan dengan Purnama Kadasa.
 
Beliau meninggalkan seorang istri yakni Ida Pedanda Istri Agung Patni Ngenjung, dan empat orang putra, yakni Ida Bagus Ngurah Agung Kumbayana, Ida Bagus Gede Agung Sidharta Putra, Ida Bagus Agung Partha Adnyana, dan Ida Bagus Agung Awatara Putra serta dianugrahi 15 orang cucu.(gix)


Komentar

Berita Terbaru







Terpopuler