Bupati Eka Rahasiakan Calon Sekda Pengganti Wirna

  • 01 Februari 2019
  • 13:19 WITA
  • News
Balitopnews.com, TABANAN 
Jabatan Sekda Tabanan lowong sejak berakhirnya masa jabatan I Nyoman Wirna Ariwangsa sebagai Sekda Tabanan mulai   Jumat ( 1 Februari 2019).  Sejauh ini Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti  masih menyembunyikan siapa pengganti Wirna Ariwangsa. 
 
Hal itu terungkap ketika Bupati Eka didampingi Wakil Bupati IKG Sanjaya  usai acara pelepasan pejabat tinggi yang purna tugas di Lantai III Kantor Bupati Tabanan, Jumat ( 1 Februari 2019). 
 
Selain merahasikan nama Sekda, Bupati Eka belum mau berkomentar mengenai mutasi pejabat esellon 2."Yang jelas Sekda akan segera ada pelantikan dan ada rolling pejabat," ungkapnya  kepada wartawan. 
 
Bupati Eka sebelumnya juga mengatakan  jika nama tiga calon Sekda Tabanan sudah turun dari KASN ke Pemerintah Tabanan. Sehingga tinggal menentukan di hari H siapa yang menjadi Sekda. "Ya tinggal menentukan di Hari H siapa Sekdanya, tentu hari H nya rahasia dong," ungkapnya.
 
Selain melepas purna tugas Wirna Ariwangsa sebagai sekda, Bupati Eka juga mengundang 11 pejabat yang juga purna tugas.  Salah satunya I Wayan Yatnanadi mantan Asisten I, I Wayan Sudarma mantan Dinas Pendapatan, I Wayan Adnyana mantan Kepala Dinas Pendidikan. "Meskipun sudah Purna tugas kami harapkan tetap membantu membangun dan memajukan Tabanan," pinta Bupati Eka. 
 
Dalam kesempatan tersebut Nyoman Wirna Ariwangaa diberikan piagam atas masa jabatanya yang dipegang selama 7 tahun, juga ada 12 pejabat yang purna tugas diundang. 
 
Disisi lain mantan Sekda Tabanan, Nyoman Wirna Ariwangsa mengaku setelah masa pensiun dirinya masih tetap akan berkecimpung di pemerintahan Tabanan karena masih tetap memegang jabatan sebagai Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Tabanan. 
 
Meskipun nanti ia juga dipilih menjadi Pemangku Merajan Keluarganya di Banjar Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg Barat. "Saya masih jadi Ketua Dekopinda nanti kalau masalah koperasi bisa tanya-tanya saya," harapnya. 
 
Ia juga mengaku terkait dengan pelantikan Sekda bukan wewenang dia menjelaskan apalagi sudah memasuki masa pensiun. "Yang jelas ketiga nama calon itu kuat dan sama-sama berpeluang," tandasnya. 
 
Sedangkan dari tiga nama calon Sekda Tabanan I Gusti Agung Rai Dwipayana, I Gede Susila dan I Wayan Kotio sater kabar I Gede Susila yang menjadi calon kuat. Karena mantan Sekwan DPRD Tabanan yang kini menjadi Kepala Dinas Pendidikan diperkirakan mampu memanajemen pemerintahan. Meskipun juga I Wayan Kotio dan I Gusti Agung Rai Dwipayana juga disebut-sebut berpeluang. 
 
 
Sementara itu untuk mengisi kekosongan Sekda Tabanan, Bupati tunjuk Asisten II Setda Tabanan I Wayan Miarsana sebagai Pelaksana Harian (Plh). 
 
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) I Wayan Sugatra mengatakan karena Sekda Tabanan purna tugas sehingga terjadi kekosongan pejabat strategis. Untuk mengisi kekosongan itu ditunjuk Asisten II Setda Tabanan I Wayan Miarsana sebagai Plh. "SK Plh diturunkan Kamis (31/1) kemarin oleh Bupati Tabanan," jelasnya.  (Balitopnews.com / Made Donny ) 

TAGS :

Komentar