Patung Bung Karno Diganti Patung Wisnu Murti, Bupati Sanjaya : Penuhi Aspirasi Masyarakat

  • 01 September 2022
  • 19:09 WITA
  • News
Patung Bung Karno yang berdiri kokoh di Smpang Perempatan Banjar Anyar Kediri, Tabanan sejak tahun 2014. Patung Bung Karno dipastikan mulai direlokasi diganti dengan Patung Wisnu Murti pada bulan September 2022 ini.

 

TABANAN,Balitopnews.com – Patung Bung Karno karya Maestro Patung Nyoman Nuarta yang berdiri kokoh di Perempatan Kediri tepatnya Banjar Anyar, Kediri, Tabanan diganti dengan Patung Wisnu Murti. Sementara itu Patung Bung Karno dipidahkan ke Taman Bung Karno yang ada di timur Gedung  Kesenian I Ketut Maria.  

 

Hal itu diungkapakan Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dalam jumpa pers  yang berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Kamis ( 1 September 2022).

 

Menurut Sanjaya, pergantian dan pemindahan Patung Bung Karno sudah direncanakan sejak satu tahun lalu. Melalui proses yang panjang. “Kami sudah rencanakan pemindahan  Patung Bung Karno yang kemudian akan diganti dengan Patung Wisnu Murti sejak tahun lalu,” jelas Sanjaya. 

 

Politisi PDIP asal Desa Dauh Pala, Tabanan ini menegaskan rencana tersebut juga sudah melalui proses yang panjang. Bahkan pihaknya sudah  melakukan duduk bersama dengan beberapa tokoh adat. Seperti tokoh masyarakat Kediri, Banjar Anyar . “Tokoh adat Kediri, Banjar Anyar, Kepala Desa Banjar Anyar sudah kami ajak duduk bersama. Begitu juga dengan Majelis Madya Desa Adat  dan pihak terkait. Semuanya sudah sepakat,” jelas Sanjaya.

 

Alasan utama pemindahan Patung Bung Karno yang kemudian diganti dengan Patung Wisnu Murti, menurut Sanjaya adalah adanya aspirasi yang kuat dari masyarakat. “Aspirasi masyarakat yang menghendaki dibangunya kembali Patung Wisnu Murti , menjadi alasan kami untuk memindahkan Patung Bung Karno ke tempat yang layak. Dan menggantinya dengan patung Wisnu Murti,” papar Sanjaya.

 

Selain pembangunan dan penataan Patung Bung Karno,  pembangunan dan penataan Patung Wisnu Murti , di awal September 2022 ini juga dikerajakan Penataan Kawasan Ruang  Terbuka Hijau ( RTH ) Alit Saputra . Dengan total anggaran keseluruhan  sebesar Rp 5, 8 Milyar bersumber dari APBD dan BKK Provinsi Bali .  ( Md )

 

 

 


TAGS :

Komentar